
HARIANRAKYAT.CO.ID – Persepsi publik atas kondisi ekonomi memiliki pengaruh pada pilihan politik warga.
Dalam pemilihan presiden, persepsi positif atas keadaan ekonomi memiliki pengaruh positif pada elektabilitas Ganjar Pranowo, negatif pada Anies Baswedan, dan netral pada Prabowo Subianto.
Demikian kesimpulan studi yang dilakukan Prof. Saiful Mujani dan dipresentasikan pada program ‘Bedah Politik bersama Saiful Mujani’ episode “Persepsi Ekonomi dan Pilihan Capres 2024” yang disiarkan di kanal YouTube SMRC TV pada Kamis, 4 Mei 2023.
Saiful menjelaskan bahwa secara sederhana pendekatan ekonomi politik atau economic voting adalah bahwa ekonomi mempengaruhi perilaku memilih baik dalam pemilihan presiden maupun dalam pemilihan legislatif.
Ekonomi dianggap sangat penting dalam pemilihan umum. Ekonomi dalam pengertian ini bisa kondisi ekonomi secara umum, misalnya pertumbuhan ekonomi dari waktu ke waktu, jumlah orang miskin, pengangguran, inflasi, dan lain-lain.
Memilih, lanjut Saiful, adalah perilaku individual. Karena itu spesifik dengan perilaku memilih, maka ekonomi yang dibahas adalah yang terkait dengan individu yang bersangkutan.
Komentar