oleh

Peningkatan Mutu Layanan Kesehatan Sudah Barang Tentu Butuh..

Naproni ST, saat membacakan laporan Pansus

HARIANRAKYAT.CO.ID – Dalam upaya peningkatan layanan kesehatan yang bermutu dan berkualitas, sudah barang tentu banyak faktor yang harus terpenuhi. Baik dari segi sarana dan prasarana, maupun sumber daya manusianya (SDM).

Nah, di tengah situasi pandemi covid-19 yang masih melanda ini, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), masih kekurangan tenaga medis.

“Sebagai informasi data yang tercatat, untuk jumlah tenaga medis (dokter) saat ini sebanyak 30 orang dan Pegawai Tidak Tetap (PTT) sebanyak 32 orang. Sudah barang tentu ini masih jauh dari kata cukup. Kabupaten OKU masih banyak membutuhkan tenaga medis terutama dokter spesialis,” ujar Naproni ST, saat membacakan laporan Pansus DPRD OKU pada rapat paripurna tentang RPJMD, tempo hari (25/8/21).

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Baturaja, sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan masyarakat, menurut politisi PKS, itu tentunya perlu meningkatkan pelayanan dan mutu. Mulai dari Poskesdes bahkan sampai Posyandu.

Serta penyebaran informasi terkait tentang program kesehatan yang digulirkan pemerintah pusat yaitu Program Jaminan Persalinan (Jampersal) Jaminan Pembiayaan Persalinan yang meliputi pemeriksaan kehamilan, pertolongan persalinan, pelayanan nifas termasuk pelayanan KB pasca persalinan dan pelayanan bayi baru lahir.

Lebih-lebih, Jampersal ini diperuntukkan bagi seluruh ibu hamil yang belum memiliki jaminan persalinan (khususnya masyarakat miskin/tidak mampu).

“Panitia Khusus RPJMD mengharapkan bahwa prilaku dalam kesehatan masyarakat di bumi Sembing Sekundang hendaknya diperoleh melalui Kesehatan yang bermutu dan berkualitas, sudah barang tentu banyak faktor yang harus terpenuhi,” tandasnya. (Rul)

Komentar