oleh

Dinsos Bagikan 3.700 KKS, Tapi Bansos untuk 20 ribu KK Dibatalkan..

Suasana pembagian KKS di halaman Kantor Dinsos OKU, Kamis (30/12/2021).

HARIANRAKYAT.CO.ID – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) membagikan 3.700 Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) Kepada masyarakat di halaman Kantor Dinsos, Kamis (30/12/2021).

Kabid Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin H.M Kholid, S.pd MM mengatakan, bahwa pembagian kartu KKS suatu program pemerintah dari pusat yang semestinya dibagikan di Bank Mandiri.

“Kita disini hanya menyediakan tempat, yang mana semestinya pembagian kartu KKS tersebut dibagikan di Bank Mandiri. Dikarenakan di Bank tidak memenuhi syarat (tempat pembagian), oleh karena itu disini kita fasilitasi tempatnya di kantor Dinsos. Pembagian ini harus tuntas tanggal 31 Desember 2021,” terang Kholik.

Ditambahkan, masyarakat penerima kartu KKS itu akan menerima sembako melalui agen E-Warung yang ada di desa kelurahan masing – masing, yang mana isi nominal dalam Kartu KKS tersebut sebesar Rp200 ribu.

“Dari nominal 200 ribu isi dalam KKS, harus yang diutamakan makanan pokok. Misalnya makanan pokoknya sagu harus ambil sagu. Bagi makanan pokoknya gandum, ya harus gandum. Dan bagi makanan pokoknya beras, ya harus beras. Lalu kacang – kacangan dan sumber protein seperti telor, daging, dan ikan,” jelasnya.

Kholid menambahkan, mengenai Bansos APBD yang mana sebelumnya direncanakan ada 20 ribu Kepala keluarga (KK) dengan nominal Rp200 ribu, untuk tahun ini diyatakan batal.

Menurut Kholid, itu dikarenakan waktu sudah mendesak, juga ditambah lagi kabupaten OKU mengalami defisit anggaran APBD.

Lanjut dia, calon penerima Bansos sendiri diambil dari hasil refocusing yang sudah disusun dari bulan Mei 2021 lalu sampai sekarang.

“Kami sudah siap, dikarenakan situasi anggaran tidak memenuhi, maka dibatalkan. Dihimbau kepada masyarakat terutama desa yang ada di wilayah kabupaten OKU, kami sampaikan permohonan maaf. Sejak awal perangkat Desa bersama aparatur Dinsos sudah menyusun pendataan, dan teryata di punghujung kegiatan ini tidak bisa kami lakasanakan,” pungkasnya. (Har)

Baca Juga :  Delapan Fraksi DPRD OKU Setujui RPPA TA 2023

Komentar