oleh

Komplotan Pencuri Trafo Listrik PLN Diciduk Unit Reskrim Polsek Baturaja Timur

Inilah 6 orang pelaku yang diamankan polisi

HARIANRAKYAT.CO.ID – Tak takut mati kena setrum aliran listrik, itulah kata yang tepat untuk kompolotan pencuri trafo listrik lintas Provinsi yang mencoba mencuri satu unit trafo seberat 1 ton milik PLN yang terpasang di tiang listrik Simpang 4 Kampung baru Kelurahah Kemalaraja (Kanio Lama).
 
Enam orang dari sepuluh pelaku berhasil ditangkap Unit Reskrim Polsek Baturaja Timur, setelah aksi tersebut dipergoki oleh warga setempat. Para pelaku yakni, Kelvin, Aldi, RZ, Munsi, Eka dan Andre yang ditangkap di dua tempat yang berbeda oleh unit Reskrim Polsek Baturaja Timur yang dipimpin oleh Ipda Yendra Aprizal. Sedangkan 4 pelaku lainnya F, A, AL dan T masih DPO.  
 
Kapolres OKU AKBP Danu Agus Purnomo melalui Kapolsek Baturaja Timur AKP Hamid didampingi Wakapolsek Iptu Dedi dan Kanit Intel Ipda Soleh saat menggelar press rilis di halaman Mapolsek Baturaja Timur, Senin (27/6) mengatakan, kejadian pencurian trafo PLN tersebut terjadi pada 9 Juni 2022 lalu sekira pukul 00.15 WIB. Para pelaku beraksi dengan mennggunakan 1 unit mobil Pickup dan 1 unit mobil Suzuki Ertiga.
 
Dikatakan Kapolsek pelaku yang berjumlah 10 orang memiliki peran yang berbeda, ada yang memanjat Tiang listrik kemudian ada juga yang mengawasi lokasi. “Mereka ini mengincar Trafo yang terpasang namun tidak difungsikan, para pelaku ini membuang oli yang ada didalam trafo kemudian diikat dengan tali dan didoronng menggunakan kaki untuk dijatuhkan,” tutur Kapolsek.
 
Saat trafo jatuh, lanjut Kapolsek ada warga yang mendengar kemudian memergoki aksi para pelaku, para pelaku kemudian kabur sebelum berhasil membawa trafo yang hendak di curi. “Kemudian aksi mereka dilaporkan oleh Pihak PLN Baturaja ke Polsek Baturaja Timur,” kata Kapolsek.
 
Setelah menerima laporan Unit Reskrim Polsek Baturaja Timur langsung melakukan penyelidikan, kemudian pada tanggal 23 Juni 2022 sekira pukul 01.00 WIB, Unit reskrim Polsek Baturaja Timur berhasil mengamankan 2 oang tersangka Kelvin dan Aldi yang sedang asyik nongkrong di Simpang Suska Baturaja, kemudian dari “Nyanyian” kedua tersangka, Polisi kembali mengamankan 4 pelaku lainnya di kelurahan Air Gading.
 
“Dari keterangan tersangka, para pelaku ini telah melakukan aksi di beberapa tempat yakni di Provinsi Lampung dan Kabupaten Muara Enim mereka melakukan pencurian kabel serta trafo,” ungkap Kapolsek.
 
Dari tangan tersangka Polisi mengamankan barang bukti 1 unit Trafo Listrik milik PLN, 1 Unit Mobil Suzuki Ertiga tanpa Nopol, 1 unit Mobil Pickup Nopol BG 8291 FN, 1 buah kunci Inggris, serta gunting besi.
 
“Saat ini para pelaku masih diamankan di Mapolsek Baturaja Timur untuk pemeriksaan dan pengembangan lebih lanjut, para pelaku dijerat dengan pasal 363 tentang pencurian dan pemberatan dengan ancaman diatas 5 tahun,” tandasnya. (Joe)

Baca Juga :  Pulang dari Warung Dibacok ODGJ, Lengan Kanan Rizon Robek

Komentar