oleh

Bakal Bangun Jalan Setapak di Sembilan Titik, Tapi Dananya Telat Cair

har tani nasional
Helawi, Lurah Kemelak Bindung Langit

HARIANRAKYAT.CO.ID – Pemerintah Kelurahan Kemelak Bindung Langit Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) saat ini tengah menyusun rencana pemanfaatan program dana di tahun 2021, untuk pemberdayaan masyarakat.

Helawi, S.IP, Lurah Kemelak Bindung Langit mengatakan, ada dua program dana kelurahan yakni program pemberdayaan dan program fisik.

Nah, untuk dana program fisik rencananya akan dimanfaatkan untuk pembangunan infrastruktur pembuatan jalan setapak.

Tapi sayangnya, penerimaan program dana kelurahan, itu ada kertelambatan dikarenakan ada pengajuan ulang di APBD perubahan ini.

“Seharusnya program dana kelurahan sudah keluar di bulan Oktober 2021. Dikarenakan adanya APBD perubahan, sehingga kami mengajukan pemberkasan ulang. Mudah – mudahan akan keluar di bulan November 2021 ini,” jelas Helawi di ruang kerjanya, Selasa (9/11/2021).

Seperti disinggung diatas, pihaknya mengaku sudah menyusun rencana pelaksanaan dana kelurahan untuk pembangunan fisik pembuatan jalan setapak. Sedikitnya ada sembilan (9) titik.

Diantaranya, pembangunan jalan setapak di Rt.1/ Rw 5 ada dua titik. Pembangunan jalan setapak Rt. 5/ Rw. 1 ada satu tiktik.

Rt. 6/ Rw. 2 ada satu titik. Rt. 3/ Rw. 2 satu titik. Rt. 6/ Rw. 3 satu titik. Rt. 5/ Rw. 3 satu titik. Rt. 1/ Rw. 4 satu titik. Dan Rt. 2/ Rw. 4 satu titik.

“Ukurannya mulai dari satu sampai tiga meter. Dalam pengerjakan pembuatan jalan itu sendiri akan dikerjakan masing – masing Rt dan Rw secara swadaya,” beber dia.

Lebih lanjut diterangkan, bahwa rencana pemanfaatan dana kelurahan itu berdasarkan usulan dari masyarakat dalam Musrenbang tingkat kelurahan.

Pelaksanaan dana kelurahan di wilayahnya nanti diharapkan bisa memberikan manfaat, kesejahteraan dan meningkatkan pemberdayaan masyarakat. (har)

Baca Juga :  Kok Bisa Koper Jemaah Haji OKU Tertuker, Ini Penjelasan Kemenag

Komentar