oleh

Fornas VI Diyakini Berdampak Pada Pemulihan Ekonomi

Kurmin Halim

HARIANRAKYAT.CO.ID – Penyelenggaraan Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) VI yang dipercayakan kepada Sumatera Selatan (Sumsel) sebagai tuan rumah, diyakini akan berdampak terhadap sektor ekonomi.

Ketua Perhimpunan Perhotelan dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumsel Kurmin Halim, kemarin saat dihubungi, Rabu (9/6/22) menjelaskan, Fornas akan berdampak pemulihan ekonomi dengan banyaknya jumlah kontingen yang datang ke Sumsel.

Menurut Kurmin, dari informasi pemilik hotel, memang telah ada lonjakan bookingan untuk menginap di hotel dari kontingen Fornas VI. Kurmin memperkirakan, pada H-14 akan makin banyak bookingan hunian hotel.

“Mudah mudahan dari even besar ini akan membantu bisnis perhotelan, karena kita tahu sepanjang Covid bisnis hotel terpuruk dan banyak yang bergantung dari karyawan hotel mencari rezeki dari sini,” ujar Kurmin.

Sementara Dirut Hotel Swarna Dwipa, Rebo Iskandar mengaku ada peningkatan bookingan hunian saat event Fornas VI yang bakal digelar 1-7 Juli 2022.

Sementara itu, Ahmad Rizwan, Kepala Dinas Kominfo Sumsel yang juga membawahi bidang IT, Broadcast, Humas, Media dan Media Sosial, beberapa hari lalu menyampaikan kesiapan termasuk media Center yang rencananya dipusatkan di Jakabaring Sport City.

Rizwan mengatakan, dari jumlah kontingen yang berjumlah dua kali lipat dari jumlah PON. Karena jumlah total kontingen Fornas VI diperkirakan hampir mencapai 15 ribu orang.

Rizwan menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan sistem informasi berkaitan dengan data-data yang dibutuhkan wartawan untuk bahan liputan.

“Fornas VI akan diselenggarakan di Palembang pada 1-7 Juli 2022 diikuti peserta dari seluruh provinsi, partisipasi dari seluruh masyarakat berperan besar untuk menyukseskan sebagai tuan rumah,” kata Rizwan.

Sementara itu, Gubernur Herman Deru, mengajak masyarakat bersama-sama menyambut kehadiran Presiden Jokowi, sejumlah pejabat pusat dan peserta Fornas dengan penuh suka cita.

Fornas merupakan ajang kompetisi olahraga rekreasi yang bertujuan tidak hanya untuk kebugaran jasmani, tetapi juga sebagai upaya melestarikan budaya daerah dan nasional.

Dengan adanya Fornas di Palembang, olahraga rekreasi dapat dikenal oleh masyarakat secara luas.

Kemudian melalui olahraga rekreasi itu diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat mengembangkan olahraga rekreasi dan tradisional serta jalinan hubungan sosial. (Rel)

Baca Juga :  Pj Gubernur Support Agenda Pelantikan Pengurus PWI Sumsel

Komentar