oleh

Formula E Jakarta 2022: Seri “Kuda Lumping” nan Bersejarah

ist / net*

HARIANRAKYAT.CO.ID – Indonesia baru saja menggelar kompetisi balap mobil bertenaga listrik paling bergengsi di dunia, Formula E, musim 2022. Bernama resmi Jakarta E-Prix 2022, seri balap Indonesia ini digelar di Jakarta International E-Prix Circuit, Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (4/6/2022). Event digelar digelar mulai pagi hari dan selesai pada sore hari. Sebab, Formula E mengenal format satu hari selesai. Ini berbeda dengan ajang balap motorspot roda empat lainnya, seperti Formula One (F1), yang memakan waktu tiga hari untuk menggelar satu seri. Untuk diketahui, Jakarta E-Prix atau akrab disebut Formula E Jakarta adalah seri kesembilan pada kalender balap 2022.

Jakarta E-Prix digelar setelah Diriyah E-Prix (2 kali), Mexico City E-Prix, Rome E-Prix (2 kali), Monaco E-Prix, dan Berlin E-Prix (2 kali). Ada beberapa hal menarik soal gelaran Jakarta E-Prix, salah satunya adalah balapan bernilai sejarah. Berikut ulasannya:

1. Balapan bersejarah

Race di JIEC Ancol ini tercatat di buku sejarah. Sebab, ini merupakan kali pertama Formula E diselenggarakan di Asia Tenggara dan Indonesia menjadi tuan rumahnya. Salah seorang pentonton yang hadir langsung di sirkuit, Egy Prayogi, bangga bisa menjadi saksi sejarah ini. “Seneng sih ini kan kancah dunia ya walaupun tidak hobi balap,” kata Egy saat diwawancarai Kompas.com, Sabtu (4/6/2022).

Egy berharap agar acara balap kancah dunia seperti demikian bisa terus diselenggarakan di Indonesia.  “Ya mudah-mudahan sih setelah pandemi setiap tahun ada acara seperti ini setiap tahun kan kemarin juga sudah ada MotoGP (di Mandalika),” tutur dia mengakhiri.

Baca Juga :  Inorga IOF OKU Ikut Sumbang Medali Emas Untuk Sumsel

Komentar