oleh

Awas, Kenali Gejala Hepatitis Misterius

Plh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten OKU , Andi Prapto, melalui Epidemiolog Kesehatan, Muhammad Yunius

HARIANRAKYAT.CO.ID – Penyakit Hepatitis misterius yang menyerang anak-anak sudah masuk ke Indonesia. Penyakit ini sudah dikategorikan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Bahaya dalam penyakit hepatitis dapat meyebabkan kematian terutama pada anak-anak.

Nah, Plh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten OKU , Andi Prapto, melalui Epidemiolog Kesehatan, Muhammad Yunius, penyakit yang sedang viral diseluruh negara ini mempunyai ciri-ciri seperti demam ringan, mual, muntah, diare berat, dan untuk gejalah lanjutan yakni, Air kencing berwarna pekat seperti teh dan BAB berwarna putih pucat, kejang, warna mata dan kulit menguning, kesadaran menurun, ganguan pembekuan darah.

Baca Juga :  DPRD Jangan Hanya  Berkoar di Medsos, OKU Bobrok Apa Solusinya ?

“Untuk upaya, kita melakukan regulasi melalui surat kepelayanan kesehatan untuk sebagai sistem kewaspadaan dini respon bila menemukan gejalah penyakit hepatitis,” jelasnya.

Dikatakan Yunius, untuk pencegahan sesuai edaran yang didapat yakni. Pertama, rutin cuci tangan, pastikan makan selalu matang dan bersih, tidak bergantian alat makan kepada orang lain, hindari kontak dari orang sakit, menjaga kebersihan rumah dan lingkungan, kurangi mobilitas, gunakan masker jika berpergian, jaga jarak, dan hindari kerumunan.

Komentar