oleh

Hebat! BUMDes Tanjung Baru Sediakan Air Bersih Bagi Masyarakat

Lokasi Penyediaan Air Bersih Desa (PABDes) Tanjung Baru.

HARIANRAKYAT.CO.ID – Pemerintah Desa (Pemdes) Tanjung Baru Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), terbilang pandai membaca peluang untuk menciptakan usaha/ bisnis yang dapat dikembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Ya. Melalui program pembangunan Persediaan Air Bersih Desa (PABDes), BUMDes Tanjung Baru berusaha memanfaatkan sumber daya air yang ada di desanya, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat sekaligus dikelola sebagai suatu usaha yang bisa memberikan pemasukan bagi kas desa.

Direktur PABDes Tanjung Baru, Subri Bustan ST menjelaskan, program yang dicetuskan, itu baru berjalan.

Untuk target awal pemasangan kran penyaluran ke pelanggan, sudah dibuat sebanyak 20 kran penyaluran. “Dari target itu, 10 sudah tersalurkan,” bebernya.

Baca Juga :  Puluhan Bakal Calon Kades Mulai Jalani Pemeriksaan Narkoba
Subri Bustan, Direktur PABDes Tanjung Baru.

Pemasangan PABDes itu diutamakan untuk masyarakat sekitar. Struktur kepengurusannya, saat ini berjumlah tiga personil.

Bagi masyarakat yang ingin memasang dan menerima air bersih dari PABDes, dikenakan biaya pemasangan sebesar Rp200 ribu, dan perbulannya untuk biaya pulsa sebesar Rp50 ribu.

“Sehubungan PABDes ini baru mulai berjalan, pendapatan dan penghasilannya akan kita bagi menjadi tiga bagian. Satu bagian untuk biaya pulsa, satu bagian untuk pengurus PABDes, dan satu bagian lagi kembali ke Kas Desa,” beber Subri.

Selain PABDes, pihaknya juga menjual air bersih tedmon kepada masyarakat. Dimana hasilnya, juga untuk meningkatkan PAD Desa.

Kepala Desa (Kades) Tanjung Baru, Amin Rahman, membenarkan adanya pembangunan pembuatan PABDes di desanya.

Komentar