oleh

Kondisi Cuaca di OKU Masih Dipengaruhi Iklim La Nina

Amzar Kristofa, Kepala BPBD Kabupaten OKU. foto: Maruli

HARIANRAKYAT.CO.ID – Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) mengingatkan masyarakat untuk selalu mewaspadai bencana banjir dan tanah longsor di awal tahun 2022.

Kepala BPBD OKU, Amzar Kristopa, mengatakan sepanjang tahun 2021 yang lalu dan memasuki awal tahun 2022 ini, Kabupaten OKU masih dipengaruhi oleh faktor iklim global La Nina yang merupakan iklim dengan curah hujan ekstrim.

“Kabupaten OKU ini masih terpengaruh oleh faktor iklim global La Nina yang merupakan suatu iklim dengan curah hujan ekstrim dengan intensitas besar. Untuk itu diminta kepada seluruh masyarakat terutama di wilayah rawan bencana banjir dan longsor untuk waspada. Diperkirakan hujan deras akan terus terjadi di sepanjang awal tahun terutamanya hingga Februari,” kata Amzar, Kamis (13/1/22).

Baca Juga :  Warga Kedaton Peninjauan Ditahan Perusahaan di Laos

Meski demikian, pihaknya masih akan melihat prakiraan cuaca dari BMKG terkait cuaca kedepan yang kemungkinan besar masih dipengaruhi iklim La Nina. Dalam hal itu pihaknya telah menyiagakan antisipasi siaga darurat banjir dan longsor yang melibatkan seluruh lini dan instasi terkait. Diantaranya, TNI, Polri hingga pemerintah Kecamatan.

Komentar