oleh

OKU Klaim Bebas Rabies, Kalau Ada Begini Tanda-tandanya..

HARIANRAKYAT.CO.ID – Dalam memperingati hari Rabies Sedunia/ World Rabies Day (WRD) tahun 2021, Unit Pelayanan Kesehatan Hewan yang merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bawah naungan Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), melakukan kegiatan vaksinasi rabies untuk hewan peliharaan. Seperti, anjing, kucing, monyet, musang hingga berang-berang.

Hari Rabies Sedunia sebetulnya jatuh pada 28 September 2021 yang lalu. Dimana hari itu diperingati untuk meningkatkan kesadaran tentang rabies serta meningkatkan upaya pencegahan dan pengendalian rabies.

Kepala Unit Pelayanan Kesehatan Hewan drh Putu Pantoyo menyebut bahwa kegiatan vaksinasi rabies ini sudah dilaksanakan sejak tanggal 15 – 28 September kemarin.

“Kegiatan ini dibatasi. Sehubungan kemarin ada penambahan waktu dari provinsi maka sampai saat ini kami masih melayani vaksinasi rabies pada hewan peliharaan,” ungkapnya

Diungkapkan dia, sejauh ini kasus hewan yang terkena virus rabies di OKU belum ditemukan oleh pihaknya.

Kata Putu Pantoyo, ada beberapa ciri – ciri hewan peliharaan yang terkena virus rabies.

“Gejalanya itu sangat bervariasi, antara lain adanya perubahan tingkah laku. Seperti mencari tempat yang dingin dan menyendiri. Suka di tempat yang gelap, agresif atau menggigit benda-benda yang bergerak termasuk terhadap pemilik. Pica (memakan benda-benda yang tidak seharusnya menjadi makanannya), hiperseksual dan mengeluarkan air liur,” jelasnya.

Apabila nanti masyarakat OKU menemukan ciri – ciri hewan peliharaan seperti itu, disarankan segera menghubungu Unit Pelayan Kesehatan Hewan terdekat.

Pihaknya juga menghimbau kepada masyarakat pemilik hewan peliharaan atau hewan kesayangan lain agar bertanggung jawab merawatnya, menjaga, diberikan makan.

“Dan jika sakit segera bawa ke unit pelayanan kesehatan hewan yang terdekat,” tutupnya. (Har)

Baca Juga :  Manfaatkan Waktu Libur Sekolah Dengan Pesantren Kilat

Komentar