oleh

Satu Armada Damkar Tiap Kecamatan, Siapkan Timsus Penyelamatan

har tani nasional
Zainuri, Kabid Operasi dan Penyelamatan Dinas Gulkarmat Kab. OKU

HARIANRAKYAT.CO.ID – Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), sejauh ini memiliki 12 mobil pemadam kebakaran (damkar). Selain itu, 3 (tiga) mobil tangka suplai, serta 357 personil.

Demikian diberitahukan Zainuri, S.Pd, Kepala Bidang (Kabid) Operasi dan Penyelamatan, kepada wartawan HARIANRAKYAT.CO.ID, kemarin (09/11/2021).

Untuk pos pemadam kebakaran di daerah, beber dia, berjumlah 11 pos. “Untuk personil, semuanya sudah kita bekali dengan pelatihan khusus dan teknis yang benar,” katanya.

11 pos dimaksud, lanjutnya, ditempatkan per-kecamatan kabupaten OKU. Namun, dikarenakan di OKU terdapat 13 Kecamatan, artinya ada beberapa pos yang mencover kecamatan lain.

Baca Juga :  Sudah Diusir, Ngotot Tetap Dagang di Lahan Parkir

“idealnya, satu kecamatan kita standbykan satu armada pemadam, serta personil sebanyak 11 orang yang dibagi menjadi tiga regu. Mereka siap terjun apabila ada kasus kebakaran rumah atau kebakaran lahan/ hutan,” jelas dia.

Tambah Zainuri, selain tugas pemadam kebakaran, ada juga tim khusus (timsus) penyelamatan yang berjumlah 15 personil. Dimana itu dibagi menjadi 3 (tiga) regu. Masing – masing regu berjumlah 5 personil.

Komentar